Kamis, 11 Oktober 2012

Desa Percontohan Islami

Dari berbagai dikusi panjang di dunia maya dilanjutkan dengan pertemuan di alam nyata terasa "kita-kita" masih punya semangat untuk bicara dakwah khususnya bagaimana memajukan gerakan dakwah di Kabupaten Karo. Perbincangan yang panjang dan kadang-kadang melelahkan sampai membosan tidak menyurutkan semangat bebrapa kawan untuk terus berdiskusi untuk dakwah Kabupaten Karo. Di awal sengaja ditulis kata "kita-kita" karena secara intensif hanya beberapa orang yang selalu bersemangat untuk bicara dakwah. 

Wacana terakhir yang menjadi perbincangan panjang adalah keinginan membuat sebuah pilot projek/proyek desa percontohan. Ada keinginan yang kuat untuk membuat sebuah desa percontohan yang jika ini berhasil akan dapat diterapkan kepada desa-desa yang lain. Pembuatan Desa percontohan untuk ummat Islam ini berawal dari program-program dakwah yang selama ini dilakukan oleh berbagai ormas atau lembaga tidak mendapatkan hasil yang malksimal. Atau dengan kata lain kita tidak punya tolak ukur serta target dari program yang dilaksanakan. Pengiriman dai yang dilakukan oleh ormas/lembaga-lembaga dakwah berjalan dan kadang-kadang tanpa arah dengan target yang tidak jelas.

Mengingat hal tersebutlah, beberapa teman FB khususnya di dalam grup Realita Islam Karo mencoba menawarkan sebuah konsep pembinaan ummat Islam di desa dengan target menjadi desa yang Islami. Artinya ummat Islam di desa tersebut mendapat pembinaan nilai-nilai ke-Islam yang kontiniu dengan target yang terukur. Selanjutnya untuk mewujudkan program ini maka diluncurkanlah program "Gerakan 20 Ribu" sebagai gerakan penggalangan dana mandiri untuk mewujudkan program desa percontohan yang akan digunakan untuk biaya dana tenaga dai.

Teknis dan metode program pembinaan dalam tahap diskusi. Hanya kami semua berangan-angan, proyek ini ini akan menghasilkan desa yang ummat Islamnya dapat menjadi contoh gerakan Islam sekaligus - jika ini terwujud- dapat sebagai percontohan desa Islam sekaligus sebagai tempat wisata dakwah. Heheheh...mudah-mudahan angan-angan ini jadi kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar